tugas osmaru

8 Agu

Nama    : Wahyu Rahardian Sofyan

Kelompok           : Integritas

Penjual minyak tanah eceran jadi pengelola SPBU

Suatu hari ada penjual bensin eceran bernama Pak Kalio ,ia telah bekerja menjadi penjual bensin eceran selama kurang lebih 10 tahun. Ia memiliki seorang istri dan 2 anak yang bersekolah di SD dan SMP. Pak Kalio hidup berkecukupan namun kadang-kadang ia juga kekurangan biaya untuk hidup dan sekolah anaknya ,karena tidak setiap hari ia bisa menjual seluruh minyak tanah ecerannya.

Pak Kalio adalah seorang yang jujur dalam bekerja ,dan slalu tabah dalam menghadapi segala cobaan yang ia terima. Para pembeli banyak yang menyukainya dan itu membuat minyak tanahnya selalu diserbu pembeli walau itu tidak setiap hari. Namun ada tetangganya yang iri dengannya ,namanya Pak Bambang. Ia juga penjual minyak tanah keliling seperti Pak Kalio namun ia seorang yang tak jujur, karena kadang-kadang ia mencampur minyak tanah dagangannya dengan solar.

Ia berniat untuk menjatuhkan usaha pak Kalio ,berbagai usaha telah ia coba namun gagal. Sampai akhirnya ia punya ide dengan mencuri minyak tanah milik pak Kalio dengan minyak tanah oplosan miliknya. Dan saat pak Kalio menjual minyak tanahnya ,banyak dari pembelinya protes karena baunya seperti campuran minyak tanah dengan solar. Mereka pun lalu mengeroyok pak Kalio sampai babak belur.

Sampai di rumah istrinya terkejut melihat wajah suaminya babak belur. Ia bertanya kenapa dan pak Kalio pun bercerita kejadian yg sebenarnya. Pak Kalio tetap tabah menghadapi cobaan ini dan ia tetap berdoa pada ALLAH agar ia diberi petunjuk agar apa yang pembelinya bilang tadi itu tidak benar karena ia merasa tak mencurangi pembelinya.

Doanya pun terjawab, saat ia hendak membeli obat di apotik ia melihat sebuah mobil terbakar dan pengemudinya berteriak sambil melambai-lambaikan tangan meminta pertolongan. Ia pun segera menolong si pengemudi dan membantu memadamkan api yang telah membakar seluruh body mobil tersebut. Si pengemudi tersebut mengucapkan terima kasih dan memberikan kartu nama agar Pak Kalio menghubungi nomor tersebut esok hari.

Keesokan harinya Pak Kalio menghubungi nomor yang ada di kartu nama tersebut. Ia disuruh pergi ke alamat yang telah diberikan via telepon. Sesampainya di tempat ia terkejut karena alamat tersebut itu adalah alamat sebuah SPBU , ia segera menuju kantor SPBU untuk menemui orang tersebut. Setelah masuk ke kantor SPBU ,ia terkejut karena orang yang ia tolong adalah seorang pemilik SPBU tersebut yang bernama pak Darmo.

Mereka sempat berbincang-bincang sebentar, pak Darmo sempat menanyakan pekerjaan pak Kalio dan ia pun menjawab bahwa ia adalah seorang penjual minyak tanah eceran. Kebetulan pak Darmo akan pergi keluar negeri ,ia sempat berpikir bahwa ia ingin pak Kalio mengelola SPBU miliknya karena ia percaya bahwa pak Kalio adalah orang yang jujur, tabah, dan bertanggung jawab. Akhirnya ia mengatakan hal itu pada pak Kalio, pak Kalio pun terkejut dan bersujud syukur mendengar berita itu. Pak Kalio pun berterima kasih pada Pak Darmo yg telah memberi pekerjaan yang lebih mapan dari sebelumnya.

Pak Kalio pun sadar bahwa doanya telah dikabulkan oleh ALLAH dan ia sadar juga bahwa jujur dan tabah dalam menghadapi masalah itu memberinya sebuah keindahan suatu hari nanti. Semoga kita dapat mencontoh sifat yang baik yang dimiliki pak Kalio.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: